Potensi Radio Streaming

Untuk membangun radio FM atau AM membutuhkan modal besar dan peralatan canggih, sehingga hanya pengusaha profesional dengan modal besar bisa melakukannya. Sebaliknya, untuk membangun radio Internet bisa dilakukan menggunakan seperangkat komponen elektronik yang sederhana dan murah. Setiap orang bisa melakukannya. Modalnya hanya komputer, audio, microphone dan koneksi internet.
Radio Internet berpeluang untuk membangun siaran berbasis warga (citizen brodcasting) sebagai pengembangan dari jurnalisme warga (citizen journalism) dan menjadi kekuatan baru bagi masyarakat sipil. Sebagian besar radio Internet dikelola oleh lembaga atau independen. Mereka tak butuh kantor atau ruangan secara fisik karena radio Internet bisa dikelola secara mobile. Siaran pun bisa dilakukan berpindah kemana-mana, yang penting punya koneksi Internet.
Dengan karakternya yang demikian, radio Indonesia menjadi agen demokrasi yang besar dan kuat, karena orang-orang baru dalam bidang siaran bisa mewujudkan keinginan dan mimpinya tanpa takut mengganggu sinyal orang lain. Mereka bisa membagikan ide, gagasan, dan pemikiran mereka dengan publik.
Sejauh ini siaran radio traditional dibatasi oleh dua faktor. Pertama, kekuatan pemancar sehingga coveragenya pun terbatas. Kedua, ketersediaan spektrum atau kanal siaran karena adanya banyak sekali stasiun radio lokal. Radio Internet tidak memiliki keterbatasan geografis. Radio Internet bisa diakses oleh siapa pun, di manapun, dan kapan pun. Misalnya, dengan radio Internet Radio PPI Dunia (radioppidunia.org), seorang mahasiswa Indonesia di Jerman bisa mendengarkan lagu yang dimainkan oleh penyiar di Amerika. Dengan demikian, organisasi atau komunitas yang anggotanya terpisah secara geografis bisa menyatukan anggotanya melalui siaran radio Internet.
Potensi radio Internet sangat besar, sebesar cyberspace itu sendiri (sebagai contoh, Live365 menawarkan lebih dari 30,000 siaran radio Internet). Dibandingkan dengan radio tradisional, radio Internet tidak terbatas pada audio. Siaran radio Internet dapat disertai foto atau grafis, teks, link, dan fasilitas interaktif seperti message board dan chat room. Ini menjadikan pendengar tidak hanya menjadi pendengar pasif. Pendengar bisa mendengarkan iklan tentang komputer dan memesan printer tersebut melalui link di website radio Internet. Hubungan antara pengiklan dan konsumen melalui siaran radio internet bisa menjadi lebih interaktif dan lebih intim.
Radio Internet juga menawarkan kesempatan untuk mengembangkan jenis-jenis program yang tersedia dengan biaya on the air yang lebih rendah. Selain itu, Radio Internet dapat menarik komunitas pendengar yang fokus pada minat atau musik tertentu. Kelebihan lainnya, siaran mereka bisa disimpan di Internet. Jika suatu saat pendengar ketinggalan salah satu program yang disukai, mereka bisa mendengarkan program tersebut secaraon-demand.
Namun, karena belum terlalu popular, belum banyak yang melirik peluang radio Internet. Menurut Danton Prabawanto (2008), ada beberapa profesi atau bisnis yang bisa memanfaatkan media ini. Pertama, penyanyi atau grup band Indie. Bagi penyanyi atau grup band Indie yang sulit menembus dapur rekaman, memutar lagu ciptaan sendiri bukan lagi hal yang sulit. Radio Internet bisa menjadi sarana promosi yang murah meriah. Radio Internet juga bisa dimanfaatkan untuk mewadahi fans grup musik ternama. Kedua, pembicara atau trainer. Pembicara atau trainer bisa mempromosikan atau menyiarkan talkshow seperti halnya radio konvensional. Anda bisa menentukan jadwal talkshow dan berinteraksi dengan pendengar. Ketiga,komunitas. Radio internet juga bisa dimanfaatkan oleh kelompok atau komunitas untuk berbagi dan bersosialisasi.
Radio Internet juga bisa digunakan untuk pembelajaran jarak jauh, penyelenggaraan sesi pelatihan, atau mendistribusikan informasi tentang produk baru. Perusahaan musik bisa menggunakan Radio Internet untuk menyebarkan rekaman baru.

Tulisan ttg Radio Streaming dari Yohanes Widodo, dosen Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Atma Jaya Yogyakarta, salah satu inisiator Radio PPI Dunia (Radioppidunia.org)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *