Kantin Harmoni

Rabu, 10 Juli 2019

❤Pernak Pernik Perempuan❤

Perempuan Itu ISTIMEWA

Keluarga Harmoni pasti sering mendengar pernyataan bahwa PEREMPUAN ITU ISTIMEWA dan spesial. Mengapa perempuan itu istimewa? Inilah jawabannya …

☆Saat diciptakan, Allah jadikan Perempuan sebagai salah satu dari  tanda-tanda kebesaran-Nya

{وَمِنْآيَاتِهِأَنْخَلَقَلَكُممِّنْأَنفُسِكُمْأَزْوَاجًالِّتَسْكُنُواإِلَيْهَاوَجَعَلَبَيْنَكُممَّوَدَّةًوَرَحْمَةً ۚ إِنَّفِيذَٰلِكَلَآيَاتٍلِّقَوْمٍيَتَفَكَّرُونَ} [الروم : 21]

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir” (Qs. ar-Ruum: 21)

☆Ketika tumbuh menjadi hamba-Nya yang jelita maka ia menjadi sebaik-baik perhiasan dunia

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

الدُّنْيَامَتَاعٌوَخَيْرُمَتَاعِهَاالْمَرْأَةُالصَّالِحَةُ،

“Dunia adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita shalihah.” (Hadits riwayat Muslim dari Abdullah ibnu Umar)

☆Sebagai anak, ia menjadi penghalang api neraka dan jalan syurga bagi kedua orang tuanya

Dari Aisyah ra, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa yang diuji dengan anak-anak perempuan, kemudian dia berbuat baik kepada mereka, maka anak-anak perempuan tersebut akan menjadi penghalang dari siksa api neraka” (H.R Muslim 2629)

Diriwayatkan dari sahabat Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, dia berkata  bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barang siapa yang mengayomi dua anak perempuan hingga dewasa maka ia akan datang pada hari kiamat bersamaku” (Anas bin Malik berkata : Nabi menggabungkan jari-jari jemari beliau). (HR Muslim 2631)

☆Sebagai isteri maka perempuan dapat menjadi sebaik-baik kesenangan dunia

Dari Abdullah bin Amru, ia menuturkan bahwa

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Dunia adalah tempat kesenangan, dan sebaik-baiknya kesenangan adalah istri yang shalihah.” (HR. Muslim, 4/ 178)

Dalam keterangan lain Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Maukah aku beritakan kepadamu tentang sebaik-baik perbendaharaan seorang lelaki, yaitu istri shalihah yang bila dipandang akan menyenangkannya, bila diperintah akan mentaatinya, dan bila ia pergi si istri ini akan menjaga dirinya.” (HR. Abu Dawud no. 1417.Asy-Syaikh Muqbil rahimahullah berkata dalam Al-Jami’ush Shahih 3/57: “Hadits ini shahih di atas syarat Muslim.”)

☆Sebagai ibu maka syurga ada di kedua kakinya

Dikeluarkan oleh Imam an-Nasâ-i, al-Hâkim dan ath-Thabrani dalam al-Mu’jamul Kabîr, dengan sanad mereka dari Mu’awiyah bin Jahimah as-Sulami bahwa ayahnya Jahimah as-Sulami Radhiyallahuanhu datang kepada Nabi dan berkata: “Wahai Rasûlullâh! Aku ingin ikut dalam peperangan (berjihad di jalan Allâh Azzawa Jalla ) dan aku datang untuk meminta pendapatmu.” Maka Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Apakah kamu mempunyai ibu?” Dia menjawab, “Ya.”Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Tetaplah bersamanya! Karena sesungguhnya surga ada di bawah kedua kakinya.”(Hadits ini dinyatakan shahih oleh Imam al-Hakim, disepakati oleh Imam adz-Dzahabi dan al-Mundziri. Juga dikuatkan oleh Imam al-Haitsami dan dihukumi sebagai hadits hasan oleh Syaikh al-Albani)

Namun dengan segala keistimewaan yang melekat padanya … penghuni neraka pun kebanyakan adalah perempuan. Dikisahkan setelah selesai menunaikan shalat Kusuf (shalat Gerhana), Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam menceritakan surga dan neraka yang diperlihatkan kepada beliau, “Dan aku melihat neraka. Aku belum pernah sama sekali melihat pemandangan seperti hari ini. Dan aku lihat ternyata mayoritas penghuninya adalah para wanita.” Mereka bertanya, “Kenapa para wanita menjadi mayoritas penghuni neraka, ya Rasulullah?” Beliau menjawab, “Disebabkan kekufuran mereka.”Ada yang bertanya kepada beliau, “Apakah para wanita itu kufur kepada Allah?”Beliau menjawab, “(Tidak, melainkan) mereka kufur kepada suami dan mengkufuri kebaikan (suami). Seandainya engkau berbuat baik kepada salah seorang istri kalian pada suatu waktu, kemudian suatu saat ia melihat darimu ada sesuatu (yang tidak berkenan di hatinya) niscaya ia akan berkata, ‘Aku sama sekali belum pernah melihat kebaikan darimu’.” (HR. Bukhari no. 5197 dan Muslim no. 907).

Bagaimana agar nilai-nilai istimewa ini melekat kuat pada perempuan? Sehingga ia terhindar dari api neraka

1. Menempahatidengantauhid, sehingga tunduk dan patuh terhadap Allah dan rasul-Nya.

2. Menjaga lisan untuk selalu berdzikir dan mengucapkan kalimat yang benar.

3. Menjaga anggota badan untuk ikhlas dan bersungguh-sungguh mengerjakan kebaikan.

4. Menempa diri menjadi ahli syukur, ahli sabar dan ahli istighfar

Yu simak selengkapnya

KANTIN HARMONI

Tema: Pernak Pernik PerempuanBersama: Umi Ike

Posted by Harmoni Streaming Radio on Thursday, 4 July 2019

Semoga bermanfaat

@UmiIke

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *