Kisah Penderita Kanker asal Surabaya yang Menebar Inspirasi di YouTube

Sabtu,13 Juli 2019 14:45

Penampilan Nadya Valerie yang tetap anggun dan ceria, walaupun rambutnya habis karena efek kemoterapi. | Photo by @nadyavalerie on Instagram

Ada banyak cara untuk menebarkan inspiriasi. Salah satu cara sederhana nya adalah melalui unggahan di media sosial, baik itu di Twitter, Instagram, Facebook, YouTube, dan sebagainya.

Baru-baru ini, Karja menemukan salah satu konten positif yang datangnya dari YouTube, platform berbagi video.Adalah Nadya Valerie, seorang wanita muda penderita kanker kelenjar getah bening asal Surabaya, yang menjadi sosok inspiratif penebar konten positif itu.

Nana-panggilan karibnya-memilih untuk berjuang dari pada menyerah.Semangat perjuangannya melawan penyakit tersebut dituangkan menjadi sebuah konten yang bermanfaat dan menginspirasi di YouTube.

Video pertama yang diunggah oleh Nana berjudul An Introduction from Lymphoma Survivor #NANAPASTISEMBUH pada 1 Juni 2019.Dalam video berdurasi sekitar 3 menit itu Nana menjelaskan, pada tanggal 23 April 2019, dokter menemukan adanya massa berupa tumor sebesar 10 sentimeter di dalam perut Nana.

Kemudian tanggal 30 April, tumor tersebut diangkat beserta organ usus yang dipotong kurang lebih sepanjang 50 sentimeter.Tidak sampai di situ, tanggal 7 Mei 2019, dokter menginformasikan bahwa hasil biopsy menyatakan bahwa tumor tersebut adalah kanker kelenjar getah bening tipe agresif.

Nana juga menjelaskan bahwa setelah mendengar berita tersebut, dirinya memiliki dua pilihan.Pilihan pertama, Nana langsung saja menghilang dan mengurung diri.Kedua, Nana tetap menjadi dirinya sendiri, yang selalu ceria, terbuka, dan menebarkan energy positif.

“Akhirnya saya memutuskan untuk sharing perjuangan saya melawan kanker kelenjar getah bening ini melalui Instagram saya dan YouTube,” kata Nana di video tersebut.

Nana pun membuktikan perkataannya.Nana saat ini sudah memproduksi konten video di YouTube sebanyak 8 video, terhitung sejak tanggal 1 Juni 2019.Mayoritas konten video yang diproduksi berupa informasi seputar dirinya dalam berjuang melawan kanker kelenjar getah bening.

Mulai dari ‘Nana’s Chemo Journey’ yang membagikan informasi, seperti bone marrow biopsy, penyebabkan kanker kelenjar getah bening, apa saja yang dilakukan pada kemoterapi dan vlogging ketika dikemoterapi (clinic tour).

Selainitu, Nana juga memproduksi video berupa cover lagu rohani Kristen yang berjudul ‘Masih Ada Mujizat’. Nana juga meng-upload video tentang efek samping setelah kemoterapi yang membuat rambutnya harus dicukur botak.

Video efek samping kemoterapi tersebut saat ini telah mencapai 1,1jutaviews (per tanggal 3/7). Padahal, video tersebut baru di-upload sekitar 7 hari yang lalu.Selain itu, kanal Youtube Nana pun telah mencapai sekitar 74 ribu subscribers.

Karja berkesempatan menghubungi dan mewawancarai Nana via direct message Instagram.”Karena Nana percayaTuhan mengizinkan penyakit ini ada di tubuh Nana supaya Nana bisa menjadi berkat buat banyak orang,” kata Nana kepada Karja pada Rabu (3/7).

Konten yang dibuat Nana pun mengalir secara natural, sesuai dengan perjuangannya melawan kanker kelenjar getah bening.Kontennya pun direspons sangat positif oleh para netizen.

“Nana yang terharu karena banyak banget yang bilang sampe nangis-nangis nonton video Nana,” tambah Nana.

Nana sendiri tidak pernah menyangka bakalan ada begitu banyak orang yang peduli dengan kisahnya.

“Tapi pastinya senang sekali karena banyak yang melihat cerita Nana ini dari sisi yang positif.Pastinya jadi motivasi buat Nana untuk berjuang melawan penyakit Nana,” kata Nana.

Nana berfoto bersama dokter yang menangani kemoterapinya | Photo by @nadyavalerie on Instagram

Nana menjelaskan bahwa banyak perhatian dan dukungan yang diberikannya selama ini.Dengan perhatian dan dukungan tersebut, Nana semakin semangat untuk melawan penyakit ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *