Kisah Tersisadari Remaja Paskibraka : Hadiah Sepeda dan Sepatu dari Jokowi untuk Gita Bahana

Selasa, 20 Agustus 2019 11:00 WIB

Laporan Wartawan Tribunnews.com Theresia Felisiani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Ada cerita menarik di acara silaturahim yang digelar ‎Presiden Jokowi dengan para remaja anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dan Paduan Suara Gita Bahana Nusantara, Sabtu (17/8/2019) malam, di Istana Negara‎.

Dalam kesempatan ini, Presiden Jokowi menyuguhkan beragam makanan mulai dari bakso, pangsit, nasi liwet, nasi bebek, nasi kebuli.Ada juga camilan kue, buah hingga minuman bahkan eskrim.

Tidak lupa, Presiden Jokowi mengundang grub musik RAN yang beranggotakan Rayi, Astadan Nino untuk menghibur ratusan anggota Paskibraka dan Gita Bahana Nusantara.

Pantauan Tribunnews.com di sela-sela RAN tampil, Jokowi tiba-tiba naik ke podium. Dia melempar pertanyaan siapa yang ukuran kakinya 43.

Anggota Paskibraka dan Gita Bahana Nusantara yang cowok langsung riuh mengangkat tangan agar ditunjuk oleh Jokowi. Jokowi akhirnya memilih Abel, anggota Gita Bahana Nusantara. Abel langsung maju kedepan, bersalaman dengan Jokowi.

Anggota Paskibraka asal Jawa Barat Tarrisa Maharani Dewi membawa baki duplikat Bendera Pusaka Merah Putih saat Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ke-74 Tahun 2019 di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/8/2019). Upacara yang dipimpin oleh Presiden Jokowi tersebut dihadiri oleh perwakilan Negara sahabat, tamu undangan, dan masyarakat umum. THE JAKARTA POST/SETO WARDHANA (THE JAKARTA POST/SETO WARDHANA)

Kepada Abel, Jokowi memberikan pertanyaan untuk menyebutkan Pancasila dengan lantang. Abel mampu menyebutkan kelima sila dengan benar. Jokowi lalu meminta ajudannya mengambilkan paper bag berwana coklat tua ‎berisi sepasang  sepatu sebagai hadiahnya. Jokowi mengeluarkan sepasang sepatu berwarna merah lalu diberikan ke Abel. Abel senang bukan kepalang, dia langsung lompat.

“‎Ini adalah sepatu saya. Sudah saya pakai, ini produksi dalam negeri dari Bandung.Ini saya berikan pada Abel. Jadi sepatunya sudah kotor dikit karena memang sudah dipakai,” ucap Jokowi.

Jokowi lalu mencari anggota paskibraka bernama Rangga (16). Mendengar namanya dipanggil Jokowi, Rangga langsung lari menuju podium.

“Dikenalkan dulu namanya Rangga, saya tahu,” kata Jokowi.

“Perkenalkan saya Rangga dari Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Bekasi,” kata Rangga.

Jokowi menanyakan mengapa Rangga merasa gugup saat bertugas di Pengibaran Bendera pagi tadi? Bukan tanpa alas an rupanya, Jokowi melihat langsung kegugupan Rangga dari layar TV.‎ Rangga ‎tidak bisa mengelak. Dia mengakui kalau dirinya memang gugup dan grogi.

“Agak gugup pak, pas langkah akan ketiang bendera. Pas di tiang bendera makin deg-degan,” jawab Rangga.

Jokowi kembali mencecar Rangga mengapa grogi. Rangga menjawab mungkin karena grogi bawaan.

Seisi ruangan tertawa mendengar  jawaban Rangga. “Agak gugup kenapa ? Apa ingat pacar di rumah?” tanya Jokowi lagi.

Suasana pun kian riuh, Rangga tersipu malu.Teman-temannya meledeki Rangga. Sampai akhirnya Jokowi menghadiah kan sepeda untuk Rangga. “Itu saya siapkan sepeda, silahkan ambil,” singkat Jokowi.

Rangga langsung turun podium untuk mengambil sepeda. Pada awak media, Rangga mengaku sangat senang dan tidak menyangka bakal diberi sepeda oleh Presiden Jokowi. Siswa SMA Presiden, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat ini mengatakan bakal memberikan sepeda itu untuk sang kakak.

“Sepedanya untuk kakak saya, kalau saya sudah punya sepeda,” ujar Rangga. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *