SEBAIK BAIK MANUSIA ADALAH BANYAK MANFAATNYA BAGI SESAMA

Rabu, 11 September 2019 09:15 WIB

Ada sebuah perkataan Nabi Muhammad SAW yang sangat menarik yaitu menyangkut pentingnya seseorang untuk mewariskan kebaikan dan kemanfatan.
“Sebaik baik MANUSIA, adalah yang banyak manfaatnya bagi sesama MANUSIA”.
Diksi atau pilhan kata beliau SAW adalah AN NAAS.
Dan bila kita renungkan perjalanan ummat manusia saat ini, maka kita melihat betapa ummat manusia yang berbangsa bangsa dan bersuku suku telah menyumbangkan hal yang bermanfaat dan digunakan juga secara bersama.
Buktinya sampai hari ini sebagian tabir ilmu pengetahuan telah terbuka yang dimulai dari sumbangan para filsuf tentang apa unsur pembentuk kehidupan itu ?
Ada memang perbedaan pendapat dikalangan filsuf sendiri termasuk agamawan, tetapi kemudian manusia juga menemukan alat yang membantu analisa sehingga terbukalah msteri itu bahwa ada bagian yang lebih kecil keberadaan suatu benda padat.
Termasuk misteri alam raya,bahwa alam raya ini meluas (the expanding of Universe).
Sebenarnya ada kerjsama ummat manusia disana.
Begitulah, bukankah apa apa yang baik dari karya siapapun dari ummat manusia bukankah bermanfaat ? Ia bukanlah sesuatu yang bersifat merusak.Justru sebaliknya hal yang baik saja.Selebihnya masih banyak yang belum ditemukan dan diolah manusia di samudera.
Sungguh Allah Maha Besar, yang menjadi sumber kebaikan, keindahan dan keadilan.
Terhadap semua itu Isaac Newton berkata :
“Aku tidak tahu seperti aku terlihat di bumi ini, tapi menurutku, aku hanyalah seperti anak kecil yang sedang bermain-main di tepi pantai dan menemukan sebuah kerang yang indah, sedangkan di samudera yang luas terbaring kebenaran yang belum ditemukan “.
Dia juga yang meninggalkan kata kata :
“Gravitasi mampu menjelaskan pergerakan planet-planet, tetapi gravitasi tidak mampu menjelaskan siapa yang menggerakan planet tersebut.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *