UMMAT YANG KEREN

Senin, 23 September 2019

Ketimbang melarang ustadz ini dan itu untuk berceramah, lebih baik MEMBIASAKAN pengurus MESJID beserta jamaah BERFIKIR KRITIS dengan mempertanyakan segala sesuatu.Keren banget jika SUATU UMMAT hidup kegiatan ILMIAHnya.


Dalam buku soal pendidikan anak karya Abdulla Nashih Ulwan dimuat perilaku NAbi Muhammad SAW yang bertanya kepada jemaah :
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya ada di antara pepohonan, satu pohon yang tidak gugur daunnya. Pohon ini seperti seorang muslim, maka sebutkanlah kepadaku apa pohon tersebut?” Lalu orang menerka-nerka pepohonan wadhi. Abdullah Berkata: “Lalu terbesit dalam diriku, pohon itu adalah pohon kurma, namun aku malu mengungkapkannya.” Kemudian mereka berkata: “Wahai Rasulullah beri tahukanlah kami pohon apa itu?” Lalu beliau menjawab: “ia adalah pohon kurma.” (HR.Imam Bukhari)


Itu baru namanya mewujudkan KEHIDUPAN yang DEMOKRATIS. Nabi Muhammad SAW sendiri membuka peluang jamaah untuk mengutarakan pendapat dalam majelis sebagaimana juga membuka kesempaatan menyampaikan gagasan menghadapi musuh seperti dalam perang KHANDAK dan UHUD.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *